Lukita Tjitra - Selasa, 17 Mei 2016 05:42 WIB

Sedikitnya ada 5 Alasan Toko Anda KURANG Tepat menggunakan Accounting.

Dengan segala hormat, artikel ini bukan utk menjelekan software accounting. Accounting sangat bagus tetapi pengalaman kami mengganti banyak software dilapangan membuat kami menyadari ada sisi lain yg harus dipertimbangkan sebelum menggunakan accounting. Bahkan kami sangat menyarankan menggunakan accounting jika memang sudah siap.

 

1. Kendala yg banyak terjadi pada accounting bukan pada saat entry, semua org yg sedikit paham komputer tentu dapat mengoperasikan entry data dengan mudah. Istilah “balance” dalam accounting tentu sudah anda kenal. Apa yg akan anda lakukan jika terjadi “tidak balance” ? Anda akan membutuhkan keahlian dalam hal ini. Keahlian tidak hanya dalam komputer tetapi paham betul koreksi accounting. Pandai membaca journal. Itulah kenapa org accounting digaji mahal.

 

 

2. Gaji pegawai Accounting tentulah tidak sama dengan pegawai pembukuan. Penyusunan awal yg salah bisa menimbulkan kesalahan dikemudian hari. Pemilik toko tentu juga harus mempertimbangkan biaya gaji, apakah sesuai dengan toko ukuran UKM.

 

3. Accounting akan mencegah penjualan product yg telah habis stok/kosong/nol. Loh bukankan itu benar? Yah betul, tetapi pernahkah terpikir bahwa peringatan atau pencegahan akan memberitahukan “kasir” bahwa koq barang masih ada tapi komputer mengatakan nol/kosong. Seandainya “kasir” kita jujur maka ini tidak jadi masalah. Komputer sudah bilang nol/kosong, seandainya barang ini kasir jual tanpa struk atau barang itu dikonsumsi atau dibawah pulang, apakah ketahuan? Jawabnya tidak, karna komputer sudah menyatakan barang tsb Nol/Kosong.

 

4. Prosedur atau tahapan langkah proses diaccounting tentu sangatlah rapi dan tertib. Umpama pengeluaran uang saja harus melewati beberapa tahapan dan tercatat rapi dengan voucher-voucher. Pengeluaran uang harus dilakukan pengajuan terlebih dahulu, blaaaa blaa blaaa… disetujui accounting,…bla blaa ditandtangani owner.. blaaa..blaa..blaa..orang admin melakukan proses…blaa..bla dan dikeluarkan oleh kasir. Proses ini akan memakan waktu. Selain memakan waktu berapa pegawai yg harus terlibat?

 

5. Seperti kita tau penagihan hutang maupun piutang dikantor yg menggunakan accounting tidak bisa seenaknya. Ada proses kontra bon. Ada waktu tunggu hari yg ditetapkan. Anda tidak boleh melakukan sesuatu secara “koboi” karna akan menyulitan pengawasan. Sementara kita tau bahwa toko masih banyak kerja ala “koboi”, supplier tidak suka sama toko yg pembayarnya ribet.

 

 

0 Komentar

Komentar

RetailPro telah digunakan sejak Tahun 2001 pada 5 Toko kami di Mangga Dua Mall-Jakarta, kemudian dijual secara komersial tahun 2004.
software anda terlalu kompleks? inventory anda tidak termanage baik? pusing dengan inventory yg kacau? maintenance software anda boros?
software anda tidak support semua device? butuh software yg mudah di install? Mau software simple, praktis tapi tetap powerfull ?

Copyright © Mei 2016-2021. All Rights Reserved. Powered by ThinkOut Software Indonesia